Tips Beternak Lele dengan System Boster (Bagian 1)




Pastinya Anda semua mengenal ikan lele bukan? Ikan lele merupakan salah satu komoditas perikanan yang cukup popular di Negara kita Indonesia. Kenapa ya? Mungkin karena rasanya pas di lidah orang-orang Indonesia ya.. mulai dari kalangan bawah sampai dengan kalangan atas semua mencintai ikan lele.

lele sistem boster

Ikan lele merupakan salah satu komoditas yang merupakan komoditas dengan tingkat konsumsi tinggi. Dengan maraknya rumah makan, restoran, hingga usaha-usaha makanan kemasan berbasis ikan lele, bisnis ternak lele memiliki prospek yang sangat cerah. Para petani lele tidak usah takut mengenai pasar. Dikarenakan sifat dari komoditas lele ini yang merupakan komoditas yang memang dicari dimana-mana. Jadi, bagi Anda yang ingin terjun ke usaha peternakan lele ini, tidak usah takut atau ragu. Sekarang tinggal bagaimana kita mengurus masalah rumah tanggan produksi lele itu sendiri.

Anda tidak usaha khawatir, dengan perkembangan teknologi, semakin mudah saja orang melakukan rekayasa terhadap segala sesuatu. Salah satunya juga mengenai teknik budidaya ikan lele ini. Dengan ditemukannya terobosan baru yang dilakukan oleh kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka meningkatkan tingkat produktivitas ikan lele ini. Salah satunya dengan menggunakan budidaya ikan lele system boster.

Bagi Anda yang merupakan pemain baru dalam bidang usaha lele ini, mungkin masih awam dan ingin mempelajari lebih lanjut mengenai system boster ini. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

Bagaimana teknik budidaya lele system boster?

Budidaya lele dengan menggunakan system boster ini dinilai sangat efektif dan efisien untuk menghasilkan panen yang melimpah dan output lele yang berkualitas. Selain itu, dari segi teknisnya, pengelolaan budidaya dengan system boster ini juga dirasa lebih mudah jika dibandingkan dengan pengelolaan lele system lainnya. Salah satu kelebihannya dari segi efisiensi biaya adalah dapat menekan kebutuhan pakan. Kemudian dari segi efektifnya adalah dapat menjaga kesehatan ikan lele dan menekan risiko gagal panen. Dengan demikian tentunya dapat meningkatkan keuntungan lebih bagi para pembudidaya ikan lele itu sendiri. Kemudian apa saja yang harus diperhatikan untuk keberhasilan cara beternak lele ini?




Sarana dan prasarana manajemen sistem boster

  • Membuat konstruksi kolam ikan dengan sistem boster (hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media bak fiber)
  • Manajemen kualitas air dan dasar kolam
  • Manajemen pakan à untuk memastikan pakan lele tersebut berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak mengalami kelebihan dalam anggaran pakan
  • Melakukan manajemen kesehatan ikan lele, sekaligus pengendalian pathogen

Manajemen air

Air merupakan media yang sangat penting bagi ikan, tidak terkecuali dengan ikan lele. Pastinya… karena memang habitat dari ikan terebut adalah di air. Tapi ada hal tertentu yang mesti diperhatikan dari para peternak ikan lele mengenai air. Untuk memastikan kesuksesan Anda dalam beternak lele, penting sekali melakukan manajemen air.

Adapun air yang dibutuhkan oleh sang ikan tersebut merupakan air yang bersih dan mengandung makanan-makanan yang dibutuhkan oleh lele untuk hidup. Pemilihan air dapat menjaga dan mendukung perkembangan ikan yang sedang dibudidayakan. Salah satunya adalah dengan cara menjaga kebersihan kolam. Ekosistem yang terdapat dalam kolam akan secara otomatis terjaga dengan baik dengan selalu melakukan perawatan / pemeliharaan yang baik.

Salah satu perawatan yang baik adalah dengan mendukung sarana dan prasarana habitat ikan lele tersebut. Misalnya untuk konstruksi kolam biasanya digunakan desain central drain. Kelebihan dari desain ini adalah agar bahan organic bisa terkumpul di titik tengah sehingga air akan lebih mudah untuk dibuang. Anda bisa menerapkan sistem bejana berhubungan untuk mempermudah pembuangan air pada saat pengurasan.

Jika kita bandingkan dengan sistem bioflock, bahan organic justru dimanfaatkan sebagai suspense sehingga tidak dibuang. Sebagai akibatnya makan kita harus melakukan tambahan alat berupa aerator dan penyuplai unsur karbon seperti molase. Bersambung artikel berikutnya.




Kanasha Fiberglass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *